Selasa, 09 Desember 2014

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI JURUSAN BODI OTOMOTIF





LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI BENGKEL MOBIL







GAMBAR/LOGO







DISUSUN OLEH :
NAMA                           : ……
NIS                                 : ……….
PROGRAM DIKLAT    : TEKNIK BODY OTOMOTIF


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN YANG DI MAKSUD
NAMA SEKOLAH
Tahun Diklat 2013/2014

 LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PERBAIKAN DAN PENGECATAN BODY MOBIL CARRY
DI BENGKEL MOBIL


Laporan
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mengikuti UN/US
Di
NAMA SEKOLAH
Tahun Diklat 2013/2014


DISUSUN OLEH :
NAMA                         : ……
NIS                               : ………
PROGRAM DIKLAT  : TEKNIK BODY OTOMOTIF


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN YANG DI MAKSUD
NAMA SEKOLAH
Tahun Diklat 2013/2014




IDENTITAS PESERTA



Nama                           :
No. Induk Siswa         :
Tempat & Tgl Lahir    :
Jenis Kelamin              :
Alamat                                    :
 
Telepon                       :
Agama                         :
Tinggi Badan              :
Berat Badan                :
Golongan Darah          :
Nama Orang Tua         :
Alamat Orang Tua      :
 
Telepon                       :












IDENTITAS DUNIA USAHA



Nama Du/Di                            :
Alamat                                                :
Nomor Telepon                       :
Faximile/e-mail                        :
Nama Pemimpin                      :
Nama Pembimbing                  :

                                                                                   
                                               


                        Cilacap, 29 Maret 201 4





                                                                                   











HALAMAN PENGUJIAN



Telahdipertahankan di depan panitia pengujian dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mengikuti UN/US TahunDiklat 2013/2014





Hari                    :
Tanggal              :




TIM PENGUJI


PENGUJI 1




………………………

PENGUJI 2




………………………...

















HALAMAN PENGESAHAN



LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PERBAIKAN DAN PENGECATAN BODY MOBIL CARRY
DI BENGKEL MOBIL



Telah disahkan didepan panitia penguji dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mengikuti UN/US tahun diklat 2013/2014


Kepala Manager



……………..

Pembimbing




…………………….



Mengetahui
Kepala Sekolah




……………………..






DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL.......................................................................................   i
IDENTITAS PESERTA..................................................................................        ii
IDENTITAS DUNIA USAHA.......................................................................       iii
HALAMAN PENGUJIAN............................................................................. iv
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................ v
DAFTAR ISI................................................................................................... vi
KATAPENGANTAR......................................................................................      vii
MOTTO............................................................................................................     viii
PERSEMBAHAN........................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... x
BAB I PENDAHULUAN
A.           Tujuan Prakerin
B.            Tujuan Pembuatan Laporan
C.            Alasan Pemilihan Tempat
D.           Metode Pengumpulan Data
E.            Keselamatan Kerja
BAB II PERBAIKAN DAN PENGECATAN BODY MOBIL CARRY DI BENGKEL MOBIL
A.           Alat Dan Bahan
B.            Kebutuhan Dan Harga
C.            Proses Jasa
D.           Analisa Usaha
E.            Keuntungan
BAB III PENUTUP
A.           Kesimpulan
B.            Saran
DAFTAR PUSTAKA




KATA PENGANTAR



Alhamdulillah, pujidansyukurpenulispanjatkanataskehadirat Allah SWT karenaberkatrahmatdanhidayah-NyapenulisdapatmenyelesaikanLaporanini.Terselesainyalaporaninitidakluputdaribantuandanmotivasisertapartisipasidarisemuapihak, untukitudengansegalakerendahanhatipenulismenyampaikanpenghargaandanucapanterimakasihkepada :
1.             Bapak ……………, selaku Kepala Sekolah yang telah memberikan izin kepada penyusun untuk melaksanakan prakerin.
2.             Bapak ………., selaku  pimpinan Bengkel“………..” yang telah memberikan izin kepada penyusun untuk melaksanakan Praktek Industri.
3.             Bapak ……………, selaku Waka Humas/Hubin yang telah membantu kelancaran kegiatan Prakerin.
4.             Bapak …………., selaku Ketua Program Keahlian Teknik Body Otomotif yang telah membantu kelancaran kegiatan prakerin.
5.             Bapak ……………, selaku guru Pembimbing prakerin Program keahlian Body Otomotif  SMK N
6.             Bapak/Ibu guru staff dan karyawan serta karyawati SMK N yang telah membantu dalam kegiatan prakerin.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.



Cilacap, 10 April 2014


………………



MOTTO



Ø  Janganbilangtidaksebelummencoba
Ø  Tidakada kata menyerahpadajiwapemberani
Ø  Selalumengutamakankeberhasilan
Ø  Jadikanmotivasisebagaipedoman
Ø  Jadikanlahsenyumansebagaipenyemangat
Ø  Jangantakutpadakegagalan, karenakegagalanadalahawaldarikeberhasilan
Ø  Selaluoptimisuntuk bias
Ø  Cara terbaikuntukkeluardarisuatumasalahadalahmemecahkanya
Ø  Pengetahuanadalahkekuatan
Ø  Selalumensyukurinikmat yang diberikanTuhan Yang MahaEsa
Ø  Kegagalanbukanberartiakhirdarikesempatan












PERSEMBAHAN



Dalam menyusun laporan Praktek Kerja Industri, penyusun mempersembahkan Laporan ini kepada :
1.             Kepala SMK Negeri , Bapak ………..
2.             Guru pembimbing prakerin, Bapak …………..
3.             Bapak/Ibu guru SMK Negeri.
4.             Kedua orang tua tercinta yang selalu memberikan semangat.
5.             Ketua Program Keahlian Teknik Bodi Otomotif SMK Negeri, Bapak ………….


















DAFTAR GAMBAR



Gambar 1. Proses Pendempulan
Gambar 2. Proses Epoxy
Gambar  3. Proses Pengecatan
Gambar 4.Proses  Pemolesan
Gambar 5. Proses Finishing



















BAB I
PENDAHULUAN



Salah satu perubahan penting dalam danmendasar dalam sistem Pendidikan Kejuruan yang dimulai tahun 1994 dengan diterapkannya pendidikan sistem ganda yaitu proses pendidikan di dua tempat yaitu di sekolah dan di dunia kerja. Sebagai implikasi dari proses tersebut maka SMK dituntut menjalin kemitraan dengan dunia kerja dan dunia industri secar bersama-sama untuk menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan sehingga pelaksanaan PRAKERIN merupakan bagian dari proses pendidikan di sekoalh yang di selenggarakan di dunia kerja dan dunia industri.
Sebagai tindak lanjut di selenggarakannya proses pendidikan sistem ganda, sekolah menjalin kemitraan dengan dunia kerja dan dunia industri yang disebut Institusi Pasangan (IP). Sedangkan untuk mewujukkan kemitraan antara sekolah dan dunia kerja dijembatani oleh Mejelis Sekolah.
Mudah-mudahan kegiatan prakerin ini memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran dibidang diklat masing-masing sehingga dapat memperlancar dan mempermudah proses pencapaian tujuan - tujuan yang telah ditetapkan. Karena sebenarnya prakerin merupakan bagian dari proses pendidikan di sekolah yang diselenggaakan di dunia usaha dan di dunia industri (Institusi).
Akhir kata, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan dan kelancaran kegiatan prakerin. Saya menyadari masih banyak ilmu dan pengalaman yang belum saya peroleh, oleh karena itu setelah melaksanakan prakerin saya mohon bimbingan dari Bapak dan Ibu guru kembali.










A.           Tujuan Prakerin
1.             Bagi Siswa
a.             Setelah tamat siswa mempunyai keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidup dan pengembangan bagi dirinya.
b.             Setelah tamat siswa tidak memerlukan waktu tambahan untuk latihan lanjutan guna mencapai tingkat keahlian yang siap dipakai.
c.             Keahlian yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri siswa yang selanjutya mendorong mereka untuk mencapai latihan profesional pada tingkat yang lebih tinggi.
d.             Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
2.             Bagi Sekolah
a.             Terjaminya tujuan pendidikan ke arah keahlian profesional.
b.             Terdapat kesesuaian antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja.
c.             Memberi kepuasan bagi sekolah karena tamatnya lebih terjamin memiliki bekal yang bermakna bagi kita semua.
d.             Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

B.            Tujuan Pembuatan Laporan
a.              Melatih siswa untuk dapat menyusun laporan kegiatan secara benar
b.             Sebagai salah satu syarat untuk mendapat nilai pembuatan laporan kegiatan
c.              Sebagai bukti siswa telah menyelesaikan prakerin.
d.             Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah.
e.              Sebagai salah satu syarat untuk siswa dapat mengikuti Ujian Nasional.
f.              Sebagai agenda yang wajib dibuat oleh setiap siswa.
g.              Siswa dapat benar-benar mengerti keahlian selama melaksanakan prakerin masing-masing

C.           Alasan Pemilihan Tempat
Dalam memilih Tempat Praktek Kerja Industri, penyusun mempertimbangkan beberapa hal dalam pemilihan Tempat Praktek Kerja Industri, yaitu
a.              Lokasi bengkel dekat jalan raya jadi mudah dijangkau
b.             Nama bengkel cukup terkenal
c.              Bengkel sudah punya banyak pelanggan
d.             Bengkel cukup jauh jadi untuk menambah pengalaman bepergian jauh
e.              Di bengkel tersebut banyak pekerjaan
f.              Karyawannya ramah tamah

D.           Metode Pengumpulan Data
Dalam menyusun laporan Praktek Kerja Industri, penyusun menggunakan beberapa metode untuk memperoleh data, yaitu :
1.             Metode Observasi
Yaitu mengadakan pengamatan secara langsung terhadap objek yang diamati, yaitu dengan melihat langsung dari prakerin yang meliputi gedung lokasi, disiplin karyawan, cara kerja, cara perbaikan, komponen-komponen beserta kerusakan yang belum diperbaiki.
2.             Interview (Wawancara)
Yaitu dengan berwawancara secara langsung dengan orang-orang yang mengetahui masalah  atau persoalan yang diperlukan.
3.             Metode Literature (Perpustakaan)
Yaitu penyusun mencari maupun meminjam buku-buku mesin yang dapat diperoleh diperpustakaan ataupun ditoko-toko buku yang berguna untuk menambah data dalam pembuatan laporan.
4.             Metode Praktek Langsung
Yaitu penyusun mengadakan praktek agar mengetahui bagian - bagian, cara penyelesaian dan lain-lain sehingga mudah dalam memperoleh data yang diperlukan.

E.            Keselamatan Kerja
a.              Berdo’a untuk mengawali dan mengakhiri kegiatan praktek.
b.             Memakai pakaian kerja lengkap.
c.              Mentaati penggunaan alat dan bahan yang digunakan.
d.             Melaporkan pada pembimbing apabila ada kesalahan atau kerusakan alat.
e.              Bekerja dengan sopan, jujur, dislin, bertanggung jawab, dan penuh inisiatif.
f.              Berperilaku sopan dan tertib.
g.             Hindari bercanda diluar batas kewajaran.
h.             Kembalikan peralatan pada tempatnya setelah digunakan.

BAB II
PERBAIKAN DAN PENGECATAN TOTOAL MOBIL CARRY
DI BENGKEL ……………..

No.
Bahan
1.
Dempul
2.
Thiner
3.
Cat Dasar
4.
Cat Jadi
5.
Epoxy
6.
Compound
7.
Kit
8.
Karbit
9.
Amplas
10.
Clear
11.
Kawat
12.
Isolasi
13.
Koran

A.      Alat Dan Bahan
1.      Alat                                        2. Bahan
No.
Alat
1.
Sekrap
2.
Gerindra
3.
Kunci Pas
4.
Kunci Ring
5.
Palu
6.
Brander
7.
Dongkrak
8.
Mesin Compound
9.
Compressor
10.
Las Listrik
11.
Spraygun
12.
Tang
13.
KunciSok
14.
Drei
15.
Kunci T
16.
Kunci L
17.
Selang Brander









                     
B.       Kebutuhan Dan Harga
No.
Bahan
Satuan
Harga
1.
Amplas
5 lembar
@ Rp 2.000,00 / lembar
2.
Dempul
2 kaleng
@ Rp 50.000,00 / kaleng
3.
Cat
1 kaleng
@ Rp 225.000,00 / kaleng
4.
Epoxy
1 kaleng
@ Rp 55.000,00 / kaleng
5.
Thiner
2 kaleng
@ Rp 72.000,00 / kaleng
6.
Compound
1 kaleng
@ Rp 12.500,00 / kaleng
7.
Karbit
2 kg
@ Rp 15.000,00 / kg
8.
Clear
1 kaleng
@ Rp 127.000,00 / kaleng
9.
Kit
1 kaleng
@ Rp 35.000,00 / kaleng
10.
Plat
1 lembar
@ Rp 75.000,00 / lembar

C.      Proses Jasa
1.         Proses AnalisaKerusakan
Dapatdiketahuiberapabesarnyakerusakanpadaseluruhbodikendaraan, mengetahuibesarnyakerusakanmakadapatdisimpulkanberupabanyakbiaya yang harusdikeluarkan.
2.         Proses Pendempulan Dan Pengamplasan
Bahandasardempulharusdicampurdenganbahanpengerasatau hardener untukmenjaminikatansenyawasaatdilapiskanpada panel, untukmencampur dam memakaisejumlahbesardempulakanmemerlukanwaktu yang lama dandempulakanmengikatsebelumpemakaianselesai. Olehkarenaitubiladempul yang akandipakaisejumlahlapisan yang harusdibangunmakacampurlahdempulsedalamjumlah yang mudah yang dikerjakan.
Setelahpendempulanselesaidankondisidempulsudahkeringbarubisauntukdiamplasmenggunakan hand block dengancarameletakanamplaspada hand block denganukuranamplas #120 dansetelahituamplasdenganukuran #240. Berikanperhatianpadatepidempulanuntukmemastikanadasuatulapisan tipis dempul yang meliputibagiantepitajam, kemudianhaluskandenganamplasukuran #360.
3.         Proses Epoxy
Sebelum panel diepoxy, bersihkan panel menggunakancanebountukmenghilangkandebuhasilpengamplasandanpastikan panel yang tidakakandiepoxysudahditutupidengan masking paper, setelah panel keringlakukanpencampuranbahan epoxy denganperbandingansebagaiberikut:
a.         Epoxy PCR abu-abu              : 50%
b.         Hardener                               : 10%
c.         Thinner alfa glass/impala       : 50%
Setelahpencampuranselesailakukanpenyetingankompresipadaspraygun, bilasudahselesai proses epoxy sudahbisadilakukan. Setelahhasil epoxy keringamplas panel menggunakanamplashalus yang ditempelkanpadaspondanamplasmenggunakan air.
4.         Proses Pengecatan
Pastikan panel yang akandicatdasarsudahdalamkeadaanbaikdansiapuntukdicat. Pastikankendaraandisekelilingnyatidakterkenakabutdari proses pengecatandantutupbagian panel yang tidakdicatmenggunakan masking paper. Untuk cat yang akandipakai painter hanyabertugaspengecatankarenauntukmencegah human error.
Tahap-tahappengecatandibagimenjadibeberapabagianmeliputi:
Cat Dasar,CatUtama,danCat Clear
Setelah proses pengecatanselesailepaskan masking paper terlebihdahulusebelum panel dikeringkandengansinarmatahari. Lama proses pengeringanberkisarsekitar 1-1½ hari.
5.         Proses Pemolesan
Sebelumpemolesan, amplas panel denganamplashalus yang diletakanpadaspon, amplasdenganmenggunakan air, setelahdiamplasbersihkandengancanebo.Setelahkeringlaludiberi rubbing compound secarameratahaluskanmenggunakanmesin compound sampai cat terlihatmengkilap.
6.         Proses Finishing :Apabilaseluruhbagian panel sudahselesai proses perbaikannya, makabodikendaraandapatdicucisecarakeseluruhan.








D.       Analisa Usaha
1.         Job                            : Perbaikandanpengecatanmobil Carry di Bengkel“SatuTiga”Cilacap
2.         BiayaPerbaikan         : Rp 6.500.000,00
3.         Harga Material           :
No.
Bahan
Satuan
Jumlah
1.
Amplas
@ Rp     2.000,00 x 5 lembar
Rp   10.000,00
2.
Dempul
@ Rp   50.000,00 x 2 kaleng
Rp 100.000,00
3.
Cat
@ Rp 225.000,00 x 1 kaleng
Rp 225.000,00
4.
Epoxy
@ Rp   55.000,00 x 1 kaleng
Rp   55.000,00
5.
Thiner
@ Rp   72.000,00 x 2 kaleng
Rp 144.000,00
6.
Compound
@ Rp   12.500,00 x 1 kaleng
Rp   12.500,00
7.
Karbit
@ Rp   15.000,00 x 2 kg
Rp   30.000,00
8.
Clear
@ Rp 127.000,00 x 1 kaleng
Rp 127.000,00
9.
Kit
@ Rp   35.000,00 x 1 kaleng
Rp   35.000,00
10.
Plat
@ Rp   75.000,00 x 1 lembar
Rp   75.000,00


Total
Rp 813.500,00

4.         Jasatukang     :
No
Jasa
Hari Kerja
Upah
Jumlah
1.
Tukang Dempul
7 hari
Rp 55.000,00
Rp    385.000,00
2.
Tukang Cat
4 hari
Rp 55.000,00
Rp    220.000,00
3.
Tukang Las
7 hari
Rp 55.000,00
Rp    385.000,00
4.
Makanik
3 hari
Rp 55.000,00
Rp    165.000,00
5.
PembantuUmum
4 hari
Rp 35.000,00
Rp140.000,00



Total
Rp 1.295.000,00

a.       JumlahHarga Material       : Rp   813.500,00
b.      JasaTukang                              : Rp1.295.000,00 +
: Rp 2.108.000,00
E.       Keuntungan
a.         Pemasukan
Ø   Customer         = Rp 6.500.000,00
b.         Pengeluaran
Ø   Bahan Material= Rp    813.500,00
Ø   JasaTukang      = Rp 2.108.000,00 +
= Rp 2.921.500,00

c.         Jumlahkeuntungan                = Rp 6.500.000,00
= Rp 2.921.500,00 –
= Rp 3.579.500,00
BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Pembelajaran di duniakerjaadalahsuatustrategi yang memberipeluangpesertaprakerinmengalami proses belajarmelaluibekerjalangsung (learning by doing) padapekerjaansesungguhnya.
Denganadanyaprakerinpenyusundapatmerasakanbagaimanapelaksanaanprakteklangsung di duniausaha yang dibimbinglangsungolehpihak industry dan kami dapatmengukursejauhmanapenguasaanilmupraktek, ternyatamasihbelumapa-apanyadibandingdengankaryawan di bengkel .............
Akhirnya, kami bersyukurkepadaTuhan Yang MahaEsa, bahwa kami telahmenyelesaikan Program PraktekKerjaIndustri (Prakerin) ini yang dituangkanpadalaporanini, selanjutnya kami siapuntukdiujimelaluikulminasiataupresentasi.
B.       Saran-saran
1.      Fasilitastempat di Bengkel Hendaknya diferifikasi
2.      Fasilitasalatukuruntuklebihpresisi
3.      Datang di tempatduniausahasepuluhmenitsebelumlatihanhariitudimulai
4.      Berperilakusopandantertibmencerminkankepribadianpelajar di tempatduniausaha.










DAFTAR GAMBAR



Gambar 1. Proses Pendempulan
Gambar 2. Proses EpoxyGambar  3. Proses Pengecatan

Gambar 4.Proses  PemolesanGambar 5. Proses Finishing






DAFTAR PUSTAKA



Gunadi Teknik Bodi Otomotif untuk SMK Jilid 1 Direktorat pembina SMK eu Arya Duta 2008.
Gunadi Teknik Bodi Otomotif untuk SMK Jilid 2 Direktorat pembina SMK cu Arya Duta 2008.
Gunadi Teknik Bodi Otomotif untuk SMK Jilid 3 Direktorat pembina SMK cu Arya Duta 2008.
Gunadi Teknik Bodi Otomotif untuk SMK Jilid 4 Direktorat pembina SMK cu Arya Duta 2008.


1 komentar:

DIDI SULISTRIONO mengatakan...

Ini pkl dimana mas?